LOMBA BLOG KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN 2010

Bookmark and Share
LatarBelakang
Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keragaman etnik dan budaya. Salah satu di antaranya adalah keragaman bahasa dan sastra. Keragaman bahasa dan sastra di Indonesia sungguh menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya. Peta Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (2008) yang baru menggambarkan keragaman bahasa di sekitar 80% wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mengidentifikasi tidak kurang dari 442 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah itu tentu akan bertambah apabila wilayah yang belum diteliti itu berhasil dipetakan secara utuh.
Bertolak dari keragaman itu, bangsa Indonesia menjadi lebih paham akan arti persatuan. Meskipun beragam-ragam latar bahasanya, bangsa Indonesia terhubung satu sama lain melalui bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Meskipun penggunaan bahasa daerah dan bahasa Indonesia cenderung tergusur oleh pemakaian bahasa asing, bahasa Indonesia masih tetap memegang fungsinya sebagai sarana komunikasi yang menyatukan bangsa Indonesia. Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana mengelola kekayaan itu agar dapat dimaksimalkan manfaatnya untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Seirama dengan dinamika bahasa Indonesia itu, sastra di Indonesia juga membentuk dinamika tersendiri yang pada akhirnya dapat mencuatkan nilai keragaman budaya Indonesia yang membentuk jati diri dan karakter bangsa Indonesia.

Kesuksesan penyelenggaraan Tahun Bahasa 2008 dan penyelenggaraan Bulan Bahasa pada tahun-tahun yang lalu mencerminkan seberapa tinggi perhatian masyarakat terhadap upaya pengelolaan masalah kebahasaan di Indonesia. Walaupun belum maksimal, pengutamaan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional tampaknya telah menjadi kepentingan bersama. Dengan penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra setiap tahun, Pusat Bahasa selain berupaya membina dan mengembangkan Bahasa dan Sastra Indonesia, juga bertekad memelihara semangat dan peran serta masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra itu.
Dalam rangka itu, Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional akan menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2010 dengan memperluas cakupan program. Sesuai dengan kenyataan bahwa media komunikasi sudah begitu canggih dan bahasa Indonesia juga dipelajari di banyak negara, mulai tahun 2009 Bulan Bahasa dan Sastra juga melibatkan peserta BIPA dari berbagai negara dan para pengguna media yang canggih itu.
Tema
Bulan Bahasa dan Sastra 2010 ini diselenggarakan dengan tema “Pembentukan Karakter Bangsa melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah”.
Partisipan
Bulan Bahasa dan Sastra 2010 melibatkan masyarakat luas, tidak hanya siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, tetapi juga peserta program BIPA yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia serta masyarakat umum. Beberapa kegiatan diadakan untuk ajang berkarya atau berekspresi, beberapa kegiatan yang lain dirancang untuk memberikan penghargaan.
Kegiatan
Bulan Bahasa dan Sastra 2010 akan mengangkat kegiatan pokok yang berupa lomba, sayembara, festival, penghargaan, pementasan, dan layanan.
Antara Lain:
1. Sayembara Penulisan Proposal Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan
2. Sayembara Penulisan Esai Sastra
3. Sayembara Penulisan Naskah Drama
4. Sayembara Penulisan Cerita Rakyat
5. Sayembara Penulisan Cerpen Remaja
6. Sayembara Cipta Puisi Remaja
7. Lomba Pembuatan Blog Kebahasaan dan Kesastraan
8. Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI)
9. Parade Mural Kebahasaan dan Kesastraan
10. Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa
11. Bengkel Sastra
12. Pentas Sastra
13. Festival Musikalisasi Puisi
14. Kuis Tiara Bahasa
15. Debat Bahasa
16. Duta Bahasa
17. Layanan dan Pameran Kebahasaan
18. Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA
Puncak Acara
Puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2010 akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2010. Pada acara itu akan dilaksanakan penyerahan hadiah, pementasan, dan persembahan karya kreatif kebahasaan dan kesastraan.
Informasi Lengkap
Informasi lengkap setiap kegiatan dapat dibaca dalam edaran khusus kegiatan itu. Informasi juga dapat diperoleh di balai/kantor bahasa terdekat atau panitia pusat dengan alamat berikut.
Seksi Humas dan Protokol
Panitia Pusat Bulan Bahasa dan Sastra 2010
Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawamangun
Jakarta Timur 13220
Telepon , 4706287, 4706288,
Faksimile
Pos-el: bbspusat@gmail.com, bbspusat@yahoo.com
Laman: www.pusatbahasa.kemdiknas.go.id/

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Anonim mengatakan...

mantap euy lombana