Hari Teater Sedunia

Bookmark and Share
Mengenai Hari Teater Sedunia 27 Maret 2011 (Wold Theatre Day 2011)
“HARI TEATER SEDUNIA diciptakan pada tahun 1961 oleh Institut Teater Internasional (ITI). Hari Teater Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 27 Maret oleh pusat ITI dan komunitas teater internasional. Berbagai kegiatan teater nasional dan internasional diatur untuk menyemarakkan peristiwa ini. Salah satu hal yang terpenting dari acara ini adalah mengedarkan Pesan Internasional Hari Teater Sedunia yang disampaikan oleh ITI, sebuah figur dunia yang dihormati untuk membagi refleksinya akan tema Teater dan Budaya Perdamaian.”
Institut Teater Internasional sendiri merupakan organisasi non-pemerintah yang didirikan di Prague pada tahun 1948 oleh UNESCO untuk mendukung pertukaran internasional dalam bidang drama, kehadirannya telah mempertebal perdamaian di antara bangsa-bangsa.

Sejak tahun 1970, UNESCO telah menghubungkan teater dengan perkembangan sosial ekonomi negara. Beberapa dari proyeknya yang sukses antara lain: membawa para artis yang termasuk dalam kelompok masyarakat yang bersengketa bersama-sama bekerja dalam workshop yang diselenggarakan di daerah netral (proyek yang dikembangkan di Mesir, Bangladesh, Cyprus, Sudan, dll…); menolong anak-anak muda yang terbelakang dan cacat dengan memberi keterampilan tentang teater professional (proyek yang dikembangkan di Filipina); dan menyampaikan informasi tentang tema-tema lain seperti membasmi HIV/AIDS atau mempromosikan persamaan gender (proyek yang dikembangkan di daerah pedesaan terpencil begitu pula di daerah perkotaan Burkina Faso, Senegal, dan Meksiko).
“Teater mencapai kedalaman tersembunyi dari jiwa manusia, dan membuka harta karun tersembunyi yang terbaring dalam jiwa manusia.” Begitu pula tempatnya di masyarakat teater adalah “suatu alat pemersatu dimana orang dapat menyebarluaskan cinta dan perdamaian.”(Pesan internasional Dr. Sultan Bin Mohammed Al Qasimi)

Atas Nama Keluarga Besar Teater pelangi Karawang Mengucapkan “Selamat Hari Teater Sedunia”

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }